Seni Rupa 3 Dimensi

Seni Rupa 3 Dimensi

Pendahuluan: Seni Rupa 3 Dimensi

DreamHub ID – Bagaimana kita mendefinisikan seni rupa 3 dimensi? Seni rupa 3 dimensi, yang dapat dilihat dari segala sisi dan dimanipulasi sebagai objek fisik, mengungkapkan bahwa sebagian besar seni telah berbentuk 3 dimensi sejak awal peradaban. Untuk memahami seni rupa 3 dimensi dimensi dengan lebih baik, mari kita telusuri berbagai contoh dan ragamnya.

Apa itu Seni Rupa 3 Dimensi ?

Kita dapat melihat benda seni 3 dimensi dari segala sudut dan sisi karena memiliki dimensi tinggi, lebar, dan dalam yang menciptakan ruang fisik. Bentuk seni 3 dimensi utama, yang terus berkembang sepanjang berbagai periode waktu dalam sejarah seni.

Namun kelompok seni yang berkembang pada abad ke – 20. Mempertanyakan konsep seni rupa tradisional dengan menggunakan media seni yang tidak lazim untuk mengomunikasikan estetika dengan keyakinan mereka. Konsekuensi dari proses ini, seni pertunjukan dan instalasi muncul sebagai iterasi modern dari media tiga dimensi.

Patung

Manusia menciptakan patung, karya seni tertua yang masih bisa ditemukan, dipercaya melambangkan kesuburan dan digunakan sebagai bagian penting dari berbagai upacara dan perayaan. Patung ini konvensional patung tiga dimensi yang berasal dari karya seni dasar berikut :

Patung Mandiri

Sesuai dengan namanya, patung adalah sebuah karya seni mandiri yang biasanya menggambarkan manusia, hewan, atau tema abstrak.

Patung Monumen Bantuan

Berbeda dengan patung yang berdiri sendiri, ukiran relief muncul sebagai unsur penyusun komposisi artistik yang lebih luas dan menempel pada latar belakang. Patung ukiran relief muncul dari latar belakang sebagai unsur penyusun komposisi seni yang lebih luas. Menampilkan tokoh-tokoh terkemuka dengan latar belakang.

Seni Tradisional 3 Dimensi

Seniman 3 dimensi mengolah tanah liat, batu, logam, dan kayu menjadi berbagai karya seni melalui berbagai proses kreatif.

Dalam bidang seni rupa 3 dimensi, beberapa teknik artistik yang sering digunakan:

  • Pahat:  Teknik ini melibatkan penghapusan potongan-potongan kecil material dari batu atau kayu untuk mencapai bentuk yang diinginkan.
  • Pencetakan: Teknik ini menggunakan cetakan untuk menghasilkan bentuk yang konsisten dari berbagai material, seperti tanah liat, logam, atau plastik.
  • Panggangan: Teknik ini melibatkan pemanasan material seperti tanah liat atau porselen untuk membuatnya keras dan tahan lama.
  • Patung logam: Teknik ini melibatkan berbagai metode untuk membentuk dan mengolah logam, seperti tembaga, perak, atau besi.
  • Konstruksi: Teknik ini melibatkan perakitan berbagai elemen untuk menciptakan struktur tiga dimensi.

Ukiran Batu atau Kayu

Seniman memahat dengan cara menghilangkan, potongan-potongan kecil material dari batu atau kayu untuk menghasilkan bentuk yang diinginkan. Teknik ini tergolong dalam kategori seni reduktif Pahat merupakan salah satu bentuk seni paling awal yang telah ada sejak zaman kuno.

Tindakan casting​

Seniman sering menggunakan metodologi artistik dalam manipulasi logam. Yaitu dengan menuangkan logam cair ke dalam wadah pra-fabrikasi untuk menciptakan patung besar. Pendekatan kreatif Patung perunggu berfungsi sebagai prototipe ilustrasi ilustrasi teknik artistik ini. teknik artistik ini.

Beberapa contoh bahan pemadat pada pembuatan seni rupa 3 dimensi yang mengalami proses pengerasan setelah pencampuran dua atau lebih unsur adalah:

  • Tanah liat , dapat ubah dengan mudah karena merupakan bahan alami.
  • Beton: Campuran semen, air, dan agregat yang kuat dan tahan lama.
  • Plester Paris: Bahan yang cepat kering dan ideal untuk detail halus.
  • Epoksi: Resin sintetis yang kuat dan tahan air.

Dekorasi Kaca

teknik melibatkan penggunaan kaca yang dipanaskan, panas, atau dingin untuk membentuk dan memodelkan kaca. Metode kreatif Proses artistik ini antara lain menggunakan teknik peniupan kaca, pengecoran kaca, dan patung kaca. Kita menuangkan kaca cair ke dalam cetakan dan membiarkannya membeku untuk membuat coran kaca.

Proses proses peniupan kaca memerlukan pemindahan kaca cair dari tungku ke pipa tiup untuk menghasilkan tetesan kaca. Prosedur melibatkan penerapan asam pada bagian luar kaca atau penerapan pasir melalui bombardir untuk mengubah tekstur dan daya tarik visualnya.​​​​​

Proses pengelasan Proses pengelasan

Pengelasan adalah metode luar biasa untuk membuat elemen pahatan dari dua komponen logam. Pengelasan, sebagai upaya usaha estetika, mewakili ekspresi dandan kreasi sesuatu yang indah dan akurat.penciptaan​dari apa yang indah dan akurat.​

Pemodelan Tanah Liat​

Tanah liat kering udara menawarkan kemudahan lebih tinggi daripada tanah liat bakar. Karena proses pengolahannya lebih mudah dan tidak memerlukan tungku pembakaran.

Kesimpulan

Seni rupa 3 dimensi merupakan sebuah bentuk seni yang ekspresif dan beragam, dengan kemampuan untuk menginspirasi, menghibur, dan menantang para penikmatnya. semoga bermanfaat, terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *