Apa itu Seni?

Apa itu Seni?

Pengantar

DreamHub ID – Mungkin masih banyak di antara kita yang belum sepenuhnya ataupun belum paham mengenai apa itu seni? Seni adalah kategori luas aktivitas manusia dan keluaran yang dihasilkannya yang mencakup keterampilan kreatif atau inovatif yang mengekspresikan kompetensi teknis, keindahan, kekuatan emosional, atau konsep filosofis. Lukisan, patung, dan arsitektur adalah tiga bentuk seni visual tradisional dalam budaya Barat.

Definisi

Definisi seni yang lebih luas mencakup teater, tari, dan pertunjukan lainnya, serta sastra, musik, bioskop, dan media interaktif. Hingga abad ke-17, seni mencakup segala bakat atau kompetensi dan tidak dibedakan dari perdagangan atau sains.

Estetika

Estetika adalah disiplin filsafat yang menyelidiki hakikat serta topik terkait seperti kreativitas dan interpretasi.​​​​​  Kritikus seni dan sejarawan seni mempelajari karya yang dihasilkan.

Ikhtisar

Menurut sejarah, karya kreatif telah ada hampir sepanjang umat manusia : dari zaman kuno awal hingga zaman masa kini ; namun demikian, beberapa pemikir percaya bahwa definisi umum tentang ” karya” tidak cocok untuk masyarakat Barat modern.

Istilah bahasa Inggris yang memiliki arti ini antara lain artefak, buatan, kecerdasan, kedokteran, dan semi militer. Namun, istilah ini memiliki beberapa penerapan sehari- hari, yang semuanya terkait dengan asal usulnya.

Pandangan Filosofis

Para filsuf seperti Plato, Aristoteles, Socrates, dan Immanuel Kant, antara lain, mempertanyakan pentingnya seni sepanjang sejarah. Dalam Phaedrus (265a-c), dia menyetujui hal ini dan jenis kegilaan ilahi lainnya (mabuk, sensualitas, dan mimpi), tetapi di Republik, dia berupaya untuk melarang bakat puitis Homer yang hebat, serta tertawa.

Pandangan Filsuf

Socrates tidak menyebutkan penghinaannya terhadap Homer di Ion, seperti yang dia lakukan di Republik.​ Percakapan Ion mengklaim bahwa Iliad karya Homer berfungsi dalam masyarakat Yunani kuno dengan cara yang sama seperti Alkitab dalam dunia Kristen saat ini.

Bentuk dan Jenis

Aristoteles memandang puisi epik, tragedi, komedi, puisi Dithyrambic, dan musik sebagai bentuk peniruan atau mimesis. Mimesis ini memiliki variasi berdasarkan media, objek, dan pendekatan. Bentuknya pun berbeda – beda tujuan pendiriannya.​

Komedi

Komedi, misalnya, adalah tiruan teatrikal dari laki -laki yang berada di bawah rata-rata, sedangkan tragedi meniru laki-laki yang agak di atas normal. Yang terakhir, bentuk-bentuk tersebut bervariasi dalam metode penipuannya narasi atau karakter, berubah atau tidak ada perubahan, drama atau tanpa drama.

Istilah

Penggunaan istilah seni yang lebih modern dan tepat sebagai singkatan. Baik itu dari seni kreatif atau seni rupa pertama kali muncul pada awal abad ke – 17. Seni rupa merupakan bakat yang digunakan untuk mengkomunikasikan daya cipta seorang seniman.

Penerapan

Dalam pengertian terakhir ini, istilah dapat diterapkan pada berbagai hal seperti pengujian bakat kreatif. Selain itu, metode penggunaan keterampilan kreatif, hasil keterampilan kreatif, atau pertemuan penonton dengan keterampilan kreatif.

Sebuah cangkang yang diukir oleh Homo erectus ditemukan berusia antara 430.000 dan 540.000 tahun.​  Sepasang delapan cakar elang ekor putih berusia 130.000 tahun mengandung bekas luka dan lecet. Hal tersebut yang menunjukkan manipulasi oleh neanderthal, mungkin untuk digunakan sebagai perhiasan.

Karya Pertama

Karya paling awal yang ditemukan di Eropa adalah Riesenhirsch Knochen der Einhornhöhle, yang diciptakan oleh Neanderthal 51.000 tahun yang lalu.

Ukir

Karya ukir (Patung), lukisan gua, lukisan batu, dan petroglif diciptakan dari periode Paleolitikum Atas, sekitar 40.000 tahun yang lalu, telah ditemukan. Meskipun makna spesifik dari seni tersebut terkadang diperdebatkan karena kurangnya pengetahuan tentang masyarakat yang menciptakannya.

Sejarah

Sebuah cangkang yang diukir oleh Homo erectus ditemukan berusia antara 430.000 dan 540.000 tahun.​  Sepasang delapan cakar elang ekor putih berusia 130.000 tahun mengandung bekas luka dan lecet yang menunjukkan manipulasi oleh neanderthal, mungkin untuk digunakan sebagai perhiasan. Serangkaian cangkang siput kecil yang dibor berusia 75.000 tahun ditemukan di sebuah gua di Afrika Selatan. Wadah yang mungkin digunakan untuk menyimpan cat telah ditemukan sejak 100.000 tahun yang lalu.

Karya seni paling awal yang ditemukan di Eropa adalah Riesenhirsch Knochen der Einhornhöhle, yang diciptakan oleh Neanderthal 51.000 tahun yang lalu.

Patung, lukisan gua, lukisan batu, dan petroglif dari periode Paleolitikum Atas, sekitar 40.000 tahun yang lalu, telah ditemukan, meskipun makna spesifik dari seni tersebut terkadang diperdebatkan karena kurangnya pengetahuan tentang masyarakat yang menciptakannya. mereka.

Patung pertama yang tak terbantahkan dan karya seni serupa, seperti Venus of Hohle Fels, adalah banyak objek yang ditemukan di Gua dan Seni Zaman Es di Situs Warisan Dunia UNESCO Jura Swabia, tempat karya seni manusia non – stasioner tertua yang pernah ditemukan, berupa ukiran patung binatang dan humanoid, selain alat musik tertua yang digali sejauh ini, dengan artefak yang berasal dari antara 43.000 dan 35.000 SM, sehingga menjadi pusat pertama dari​​

Penutup

Seni adalah segala sesuatu yang merangsang pikiran, perasaan, keyakinan, atau gagasan seseorang dengan menggunakan indranya. Beberapa pemikir, seperti Kant, membedakan sains dan seni. Sains mewakili ranah pengetahuan, sedangkan seni melambangkan ranah kebebasan berkreasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *