Aris Sanjaya jadi Orang Indonesia Pertama Juarai Kompetisi Bartender Bumi

DreamHub.id – UBUD – Seorang manajer bar dari Bali, I Putu Aris Sanjaya Putra, berhasil mengukir sejarah sebagai orang Indonesia pertama yang mana masuk tiga besar kompetisi bartending terbesar pada dunia, Diageo World Class Global Bartender 2024.

Pria jika Buleleng yang dimaksud bekerja di dalam culinary hub Syrco Base, Ubud, Bali, ini bertengger di tempat sikap kedua membayangi ketat bartender dari Kanada, Keegan McGregor, dalam sikap pertama. Mereka mengalahkan para bartender profesional dari 44 negara yang mana beradu keterampilan meracik minuman pada Shanghai, China, pada 9-12 September lalu.

Pada fase akhir kompetisi yang meyisakan delapan kontestan, Aris mengusung konsep “Roots to Flower”, terinspirasi dari siklus hidup tumbuhan. Keenam koktailnya yang dimaksud impresif memanfaatkan setiap elemen dari beberapa tumbuhan, mulai dari akar, batang, daun, hingga bunga, buah, bahkan epidermis kayu pohon mesoyi, kerabat kayu manis. ”Ëlemen budaya Bali yang mana kaya juga menjadi inspirasi saya di mengkreasikan minuman,” tutur Aris.

Selain meraih sikap kedua, Aris juga dianugerahi World Class People’s Choice Award untuk bar pop-up-nya yang paling diminati para pengunjung kompetisi.

Chef Syrco Baker, pendiri Syrco Base, mengungkapkan, Aris dengan indah merangkum nilai-nilai inti Syrco Base yakni traceability, nature, and transparency (TNT) di penyelenggaraan komponen baku karyanya. “Prinsip ini tercermin di setiap minuman yang kami sajikan. Semua dipilih secara cermat agar berpadu sempurna dengan hidangan yang tersebut disajikan,” kata Chef Syrco.

Meski belum genap setahun berdiri, restoran miliknya saat ini masuk 20 resto terbaik dalam Bali versi media terkemuka Australia, Traveller.

Kemenangan Aris menambah deretan penghargaan internasional yang tersebut diperoleh kelompok mixology kemudian kuliner Syrco Base di dalam tahun ini antara lain kedudukan kedua Campari Red Hands Asia 2024, finalis regional San Pellegrino Young Chef Academy Competition lalu finalis global Giffard West Cup di tempat Prancis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *