Merambah Hollywood, Kisah Khaby Lame Sebagai TikToker Paling Terkenal pada Global

DreamHub.id –  Influencer Italia berusia 24 tahun berdarah Senegal Khaby Lame menjadi bintang TikTok dengan 162,8 jt pengikut. Pekan setelah itu dilaporkan CNA Lifestyle merambah Hollywood dengan membintangi film komedi aksi bertajuk 00Khaby.

Ia terkenal melalui video tanpa mengutarakan apapun yang tersebut menyindir tutorial rumit pada internet, sambil menawarkan solusi ringan dengan aksi khas, telapak tangan menghadap ke atas, senyum penuh arti, kemudian mata terbelalak.

Mulanya cuma mencoba-coba untuk terjun dan juga memproduksi video pada TikTok usai pekerjaannya sebagai karyawan dalam pabrik berhenti akibat pandemi COVID-19. Namun, hanya saja pada dua tahun sejak bergabung dengan TikTok pada 2020, Khaby Lame telah terjadi berubah menjadi salah satu nama besar pada wadah tersebut. Ia bahkan berhasil berubah menjadi miliarder berkat popularitasnya ke program yang mana terkenal dengan format video singkat itu.

Ide TikTok Lame muncul pada waktu ia berkeliling proyek perumahan tempat keluarganya tinggal dalam Chivasso, dekat Turin. Unggahannya cepat viral, membantunya meraih pendapatan sekitar US$16,5 jt melalui kesepakatan pemasaran antara Juni 2022 lalu September 2023, menurut Forbes.

Selain melalui TikTok, Khaby juga mendapatkan pemasukan dari aplikasi mobile lain, pemasaran suvenir resmi, serta beberapa penandatanganan kontrak. Ia juga memiliki pemasukan dari Instagram sekitar $1 juta. Khaby Lame juga bermitra dengan bervariasi perusahaan internasional, satu di antaranya Netflix, perusahaan makanan Italia Barilla lalu platform digital olahraga fantasi India Dream11.

Sementara itu, pemasukan tahunannya dari beraneka sumber diperkirakan mencapai $6 jt setiap tahun. Salah satu penandatanganan kontrak terbesar Khaby Lame adalah kerja serupa dengan salah satu perusahaan busana terbesar dalam Jerman, Hugo Boss.

Sebelum sukses sebagai artis TikTok, Khaby Lame menjalani hidup yang cukup sulit. Warga Italia ini harus kehilangan pekerjaan ketika negaranya melakukan lockdown akibat virus corona tahun lalu. Dia mengalami PHK dari sebuah pabrik di dalam dekat kota utara Turin.

Awalnya, seperti kebanyakan TikTokers, ia menghasilkan klip menari, memerhatikan video game, atau melakukan aksi komedi. Namun, pada awal tahun ini, ia mulai menimbulkan konten baru dengan mencela video life-hack yang digunakan berisi tip singkat yang padat di dalam media sosial.

“Saya mendapat ide itu lantaran saya meninjau video-video itu beredar, saya menyukai ide untuk menghadirkan kesederhanaan,” kata Khaby Lame pada sebuah wawancara disitir dari CNN.

Popularitas video Lame menunjukkan bagaimana komunikasi nonverbal dapat mengatasi hambatan bahasa juga menimbulkan hubungan lintas budaya. “Anda bukan perlu berbicara untuk dilihat atau dipahami,” kata Christina Ferraz, pendiri agensi pemasaran berbasis di Thirty6five di Houston.

Khaby Lame memiliki nama asli Khabane Lame. Pria kelahiran 9 Maret tahun 2000 ini sesungguhnya berasal dari Senegal, Afrika Barat. Keluarganya berpindah ke Italia di mana ia berusia sekitar satu tahun. Sekarang, ia telah dilakukan bermukim lalu mempunyai rumah pada Italia.

Salah satu fakta lain dari Khaby Lame adalah seseorang muslim. Dikutip dari popbuzz.com, terhadap Italian News Channel, Khaby mengaku sebagai pemeluk Islam yang dimaksud taat. Bahkan, ia pun mengaku mencoba menjadi hafiz atau penghafal Alquran.

Kini, TikToker Khaby Lame bersiap memulai karier film ke Hollywood setelahnya kesuksesan globalnya dalam media sosial. Dalam film komedi aksi berjudul 00Khaby, yang katanya akan mengambil posisi syuting di Brazil, India, lalu Amerika Serikat, Lame akan memerankan individu pengantar makanan yang dimaksud direkrut sebagai mata-mata oleh dinas rahasia Amerika.

Artikel ini disadur dari Merambah Hollywood, Kisah Khaby Lame Sebagai TikToker Paling Terkenal di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *