Film Seni Memahami Kekasih Bicara Hak Cinta juga Menikah di dalam Keterbatasan Perekonomian

DreamHub.id – Jakarta – Film Seni Memahami Kekasih yang diadaptasi dari buku karya Agus Mulyadi alias Agus Magelangan siap tayang di tempat bioskop Tanah Air mulai 5 September mendatang. Dibintangi oleh Febby Rastanty serta Elang El Gibran, film ini mengisahkan perjalanan cinta antara Agus lalu istrinya, Kalis Mardiasih, dibalut dengan keberadaan kegiatan ekonomi dia yang digunakan sederhana. 

Kebebasan dan juga Tanggung Jawab pada Seni Memahami Kekasih 

Namun, di area balik narasi cinta tersebut, tersimpan instruksi tentang kebebasan dan juga tanggung jawab, yang digunakan relevan dengan situasi anak muda ketika ini. Film ini juga mengemas hak-hak dasar manusia, termasuk hak untuk jatuh cinta serta menikah tanpa memandang status ekonomi.

Agus menyoroti stigma yang digunakan seringkali mengekang hak-hak individu, khususnya pada hal pernikahan juga memiliki anak. Ia menjelaskan tentang stigma yang masih melekat di tempat rakyat terkait kemiskinan lalu pernikahan. “Selama ini orang bilang nggak boleh jatuh cinta pada keadaan miskin, nggak boleh nikah bahkan punya anak di keadaan miskin. Itu quote yang digunakan sangat klasik,” ujarnya pada waktu ditemui dalam Kawasan Kuningan, Ibukota Selatan pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Pria berdarah Jawa itu menekankan, jatuh cinta, kondisi tubuh seksual juga reproduksi, bahkan menentukan status untuk menikah atau tidak ada adalah hak individu. Untuk itu, melalui film Seni Memahami Kekasih, Agus juga ingin menekankan pentingnya memberikan kebebasan untuk anak-anak muda pada menentukan jalan hidup mereka sendiri.

Kondisi Kondisi Keuangan Bukan Penghalang untuk Menikah

Agus juga menegaskan bahwa kondisi sektor ekonomi tiada seharusnya menjadi penghalang untuk meraih kebahagiaan juga tanggung jawab di pernikahan. “Orang miskin boleh menikah, tapi ia harus kerja. Justru aku nggak setuju kalau orang kaya tapi nggak kerja, tapi beliau menikah. Menikah itu bertanggung jawab,” ungkapnya.

Disutradari oleh Jeihan Angga, film Seni Memahami Kekasih juga dikemas dengan balutan humor ringan. Selain menghibur dan juga menginspirasi penonton, film ini diharapkan dapat memperlihatkan bahwa cinta lalu hak-hak dasar manusia seharusnya tak terhalang oleh kondisi ekonomi. Adapun selain dibintangi oleh Febby Rastanty dan juga Elang El Gibran, deretan bintang seperti Sisca Saras, Devina Aureel, Desy Genoveva, Yusril Fahriza, serta Beni Siregar turut berperan meramaikan film ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *