Kaesang Cengengesan pada area Podcast Usai Dicari KPK, Reaksi Netizen: Enggak Punya Malu

DreamHub.id – Jakarta – Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep terlihat kembali bergerak di akun YouTube pribadinya, @Kaesang setelahnya sempat dikabarkan menghilang. Pada kanal YouTube itu, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang dimaksud tampil di video siniar atau podcast dengan mengundang bintang tamu Verrell Bramasta.

Dalam video yang dimaksud diunggah pada 6 September 2024 itu, Kaesang bersatu co-host Fatih Andika alias Ate dan juga Kiky Saputri, mendiskusikan mengenai tindakan Verrell untuk terjun ke dunia kebijakan pemerintah kemudian mengulik informasi mengenai keberadaan pribadi artis muda tersebut. Seperti diketahui, Verrell adalah artis muda yang dimaksud sekarang ini menjadi politikus dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Namun, unggahan video podcast milik Kaesang itu menuai berbagai reaksi dari warganet Indonesia walau sudah ada diantisipasi dengan pernyataan disclaimer dalam awal video. “Tayangan ini bertujuan untuk edukasi lalu iklan item UMKM melalui acara kreatif yang menghibur lalu bukanlah untuk menyinggung pihak manapun,” demikian tulisan disclaimer untuk mengawali siniar itu.

Penampilan kembali Kaesang dalam siniar pribadinya itu tak pelak menuai reaksi negatif pada masyarakat. Apalagi, ia tidaklah kunjung memberikan klarifikasi mengenai jet pribadi yang dipakainya ketika pelesiran ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu, bersatu sang istri, Erina Gudono.

Kaesang Tebar Senyum Cengengesan pada Podcast

Di video itu, ia terus cengar-cengir seolah tak terjadi apa-apa walaupun sudah pernah menghebohkan satu negara. Unggahan flexing istrinya  pada waktu bergolak kemarahan rakyat Indonesia dengan menggaungkan Peringatan Darurat untuk demokrasi yang digunakan dinilai menguntungkannya itu seolah tak membuatnya merasa tak enak hati. Ia terlihat berupaya santai selama siniar berlangsung. 

Padahal, Kaesang, sebagai putra Presiden RI yang mana masih menjabat, menjadi topik perbincangan lantaran diduga menerima gratifikasi terdiri dari prasarana pesawat jet pribadi. Bahkan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sempat akan mengirim surat undangan klarifikasi untuk Kaesang. Namun, hal itu belum diadakan sebab Kaesang yang tersebut sempat tak diketahui keberadaannya selama beberapa hari.

Reaksi Netizen Lihat Kaesang Aktif Podcast

Aktifnya Kaesang dalam kanal YouTube pribadinya mendapatkan reaksi keras dari pengguna media sosial Indonesia. Bahkan, video podcast yang dimaksud telah lama ditonton 157 ribu kali itu mendapatkan banjir dislike atau tidaklah suka dari penontonnya. Berdasarkan pantauan Tempo pada Selasa, 10 September 2024 pukul 11.00 WIB, jumlah keseluruhan tidaklah suka pada podcast Kaesang itu mencapai tambahan dari 19 ribu dislike, berkali lipat dari yang menyukainya, sekitar 4 ribu like.

Di media sosial berbeda, X/Twitter, podcast Kaesang itu turut menjadi perbincangan serta mendapat kritik keras. Bahkan, beberapa orang warganet menyatakan bahwa putra bungsu Presiden Jokowi itu bukan punya malu akibat masih bisa jadi tampil di area podcast tanpa memberikan klarifikasi akan isu yang menyeret namanya beberapa waktu belakangan ini. 

Gila, ya. Beneran ga punya malu, ga ada integritas, lalu ga berasa perlu punya adab,” ucap manusia warganet dengan akun @sofiesyarief.

Budeg sosial,” tulis @rizkidwika.

Tidak berilmu, minimal beradab. Tapi anak Mulyono bukan punya kedua-duanya. Betul-betul kosong sekosong-kosongnya,” komentar @kusukasushi.

Muka tebel banget buset dah,” kata @neoirw yang tersebut merujuk pada makna tidak ada tahu malu.

Selain itu, beberapa warganet juga mengundang untuk memboikot podcast yang dimaksud lalu melaporkan akun Kaesang ke pihak YouTube oleh sebab itu dinilai mempunyai kesulitan hukum.

Kalau dilaporin akun YouTube-nya sebab yang digunakan bersangkutan punya hambatan hukum dapat gak sih? Dugaan gratifikasinya sanggup dilaporkan sampe ke USA kan?” tanya @0x_pastaMan.

Waktunya apa? ya betul, pencet tombol report massal,” tulis @audieonx pada komentarnya.

Sebagai bentuk mengkritik ada baiknya boikot PDP (nama podcast Kaesang) ini. Malesnya nanti mendadak ada jokes-jokes masalah jet pribadi, dan juga merekan ketawa-ketawa seolah-olah bukan terjadi apa-apa,” ujar @yesmar_baru.

Meski begitu, pada podcast dengan Verrell Bramasta tersebut, tidak ada ada sindiran dari Kiky maupun Ate untuk Kaesang mengenai berita heboh perihal private jet pribadi itu. Namun Kaesang sempat merespons Ate persoalan banyak poster dukungan untuk Kaesang forward sebagai akan datang calon gubernur. Tempo belum bisa saja menjamin kapan video itu diproduksi.

Di sisi lain, video Podcast Kaesang itu juga dipenuhi oleh komentar warganet yang digunakan menagih janji klarifikasi pemilik klub bola Persis Solo tersebut.

Pembuktian pesawat jet privat bukanlah gratifikasi kapan nih? Undang KPK dong jadi bintang tamu… serupa Bos Shopee atau temanmu yang tersebut katanya ngajak jalan jalan ke US dengan jet. Rakyat biasa kayak saya pengen tahu rasanya naik jet,” ucap netizen @nabilahrosyadah8025.

Pengguna YouTube lain, @hanifahnaura4182 juga @dony6554 menyindir keberanian Kaesang yang digunakan masih tampil di area podcast ketika warga menyoroti beliau perihal pemakaian jet pribadi. Salah satu dari dia bahkan menyindir persoalan rasa malu.

Kita se-gadianggap itu kah, Kaesang? Demo kemarin, kritikan kemarin, dianggap angin lalu aja ya? Shame on you,” komen pengguna lainnya @auliarahmayanti9578.

DANIEL A. FAJRI | X | YOUTUBE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *