Nyanyian Tanah Merdeka, Konser Rakyat Leo Kristi 14 September 2024

DreamHub.id – Jakarta – Konser Rakyat Leo Kristi atau KRLK kembali diselenggarakan pada Sabtu, 14 September 2024, pukul 19.00. Melalui konser ini, seluruh penduduk diundang untuk hadir di pentas nyanyian lagu-lagu Leo Kristi yang mana akan didendangkan Ote Abadi, Nona Van der Kley, Liliek Jasqee juga lainnya.

Acara ini cocok bagi para penggemar Leo Kristi kemudian karya-karyanya untuk mengenang setiap lagu-lagunya. Konser yang digunakan bertajuk Nyanyian Tanah Merdeka ini akan dilaksanakan di area Kendil Mas Cafe Resto, Jalan Raya Fatmawati 76, DKI Jakarta Selatan.

“Kenapa diselenggarakan di area kafe? Karena kami ingin coba suasana lain. Kami mencoba menampilkan KRLK dalam ruang yang mana berbeda.Image selama ini, lagu-lagu KRLK tambahan sejumlah dimainkan di tempat ruang-ruang khusus, formal, terkesan lebih besar sakra,: kata ZOte Abadi untuk Tempo.co, Rabu malam, 11 September 2024.

Menurut Ote, keinginannya serta kawan-kawannya sekaligus mencoba menyampaikan musik KRLK ke semua kalangan pecinta musik tanpa sekat-sekat genre. “Juga lebih lanjut mudah mendatangkan penonton dari semua kalangan khususnya yang tersebut mungkin saja belum tahu lagu-lagu Leo Kristi, sehingga  lagu-lagunya dapat masuk ke ruang-ruang publik,” kata dia,. 

Sebelumnya, Konser Rakyat Leo Kristi juga sudah pernah diselenggarakan pada dua bulan terakhir di area tempat berbeda. Pada tahun ini, Konser Rakyat Leo Kristi pertama diadakan pada 27 Juli 2024 pukul 14.00 di tempat Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta. Konser yang bertajuk Aku Tak Kan Pernah Mati ini dilangsungkan untuk mengenang kepergian Leo pada 21 Mei 2017. Konser ini dijalankan oleh Direktorat Perfilman, Musik, lalu Industri Media juga Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek.

“Kegiatan ini menindaklanjuti Leo Kristi sebagai penerima Anugerah Kebudayaan 2016. Salah satunya agar penerima Anugerah Kebudayaan bukan berhenti hanya saja sebatas anugerah itu, tapi difasilitasi untuk masih dikenang, dikenal, diwariskan nilai-nilai positifnya,” kata Punto Kumoro, pengarah kelompok pelaksana Konser Rakyat Leo Kristi bertajuk Aku Tak Kan Pernah Mati, pada Jumat, 26 Juli 2024.

Konser Rakyat Leo Kristi menampilkan pameran tentang perjalanan Leo Kristi. Sebelum konser berlangsung, ada juga acara Sarasehan dengan Romo Mudji Sutrisno juga pengamat musik Franki Raden yang mana dimulai pukul 15.30 sampai 17.30. Barulah, pada pukul 19.00, puncak acara Konser Rakyat Leo Kristi dimulai. Adapun, musisi Tanah Air yang dimaksud akan menyanyikan lagu-lagu Leo Kristi, seperti Ote Abadi, Nona van der Kley, Liliek Jasqee, kemudian pasukan musik Institut Kesenian Ibukota (IKJ).

Satu bulan kemudian, Konser Rakyat Leo Kristi kembali dijalankan pada Ahad, 11 Agustus 2024 pukul 16.00 Waktu Indonesia Barat sampai 20.00 WIB. Sementara itu, pintu acara ini dibuka sejak pukul 15.00 WIB. Konser ini diadakan mendekati 79 tahun Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024. Melalui konser ini, Komunitas Pecinta Musik Konser Rakyat Leo Kristi mengundang para penggemar musik Leo Kristi berkumpul, mengenang, lalu bersenandung bersama. Konser ini diadakan di tempat Warung Apresiasi (Wapress) Bulungan, DKI Jakarta Selatan secara gratis. 

Berdasarkan Instagram resmi @wapressbulungan, musisi yang akan membawakan lagu-lagu Leo Kristi adalah BA, Ayu, Gam, Thanty, Rezza, Linda, Senda, dan juga Dauri dengan produser Sena dan juga Totot. 

Leo Kristi miliki nama lengkap Leo Imam Soekarno yang dimaksud lahir pada 8 Agustus 1949 pada Surabaya, Jawa Timur. Ia mengawali karier sebagai pemusik keliling (trubadur) berkat pertemuannya dengan Gombloh, seperti tercatat pada indonesianfilmcenter. Saat berkarier, ia memisahkan diri dari genre pop mainstream dan menamakan pertunjukannya pada “Konser Rakyat”. Menurut Koran Tempo, ia melanjutkan karier bermusik dengan Naniel kemudian Mung Sriwiyana yang dimaksud membentuk Konser Rakyat Leo Kristi pada 1975. Kehadiran grup ini berhasil mencuri perhatian umum secara luas. Lalu, pada 21 Mei 2017, ia meninggal dunia pada Bandung dan juga dimakamkan dalam TPU Iqro Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi.

Baca juga:

Mengenal Musisi The Weeknd, yang dimaksud Debut Lagu Baru pada Brasil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *