Elle Macpherson Tanggapi Kritik Pengobatan Kankernya serta juga Alasan Tolak Kemoterapi

DreamHub.id – Jakarta – Elle Macpherson, supermodel selama Australia, menanggapi kritik terhadap keputusannya untuk mengatasi karsinoma susu secara holistik. Pada Senin, 9 September 2024, ia tampil pada acara Today Show Australia dan mengungkapkan bahwa ia didiagnosis neoplasma susu tujuh tahun lalu. Ia memilih untuk tak mengikuti saran dokter dengan menghindari kemoterapi kemudian obat-obatan kimia.

“Saya telah lama mencari banyak saran medis,” ungkap supermodel berusia 60 tahun itu, di wawancara tersebut. “Menarik sekali, setiap dokter mempunyai pendapat berbeda tentang bagaimana mengobati perkara karsinoma dada saya,” tuturnya. 

Ia menilai, tidaklah ada jalur yang tersebut jelas serta tidaklah ada jaminan pada setiap langkah penyembuhan tersebut. Oleh karen itu, Elle memproduksi langkah berdasarkan semua informasi yang digunakan dikumpulkannya juga apa yang dimaksud menurutnya tepat untuk dirinya, yaitu penyembuhan holistik atau alternatif.

Keputusan Elle Macpherson dan juga Proses Pengobatan Holistik

Elle menjelaskan, setelahnya menjalani lumpektomi, manusia dokter memberitahunya bahwa ia menderita neoplasma kelenjar susu tipe HER2 positif estrogen reseptif intraductal carcinoma. Ia kemudian disarankan untuk menjalani penyembuhan kanker, termasuk mastektomi juga kemoterapi. 

Meskipun merasa terkejut, ia mengatakan diagnosis yang disebutkan memberikan kesempatan untuk menemukan solusi yang tersebut sesuai bagi dirinya, serta memilih pendekatan holistik tanpa kemoterapi atau obat-obatan farmasi. “Saya sadar saya akan membutuhkan kebenaran saya sendiri, sistem keyakinan saya untuk mengupayakan saya melalui ini. Dan itulah yang tersebut saya lakukan,” ujarnya.

Elle mengaku sangat senang kebijakan yang dimaksud memicu perbincangan dikarenakan dapat meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan. Namun ia menegaskan bahwa itu belaka dijalankan terhadap dirinya, lalu bukanlah sebagai saran untuk orang lain. 

Dalam konteks ini, penyembuhan holistik menggabungkan berbagai metode yang tersebut tak hanya saja fokus pada gejala fisik penyakit, namun juga untuk memperbaiki keseimbangan tubuh, pikiran, juga jiwa, juga memperhatikan faktor-faktor emosional, mental, serta spiritual.

Pada Februari 2017, pada waktu masih menikah dengan pengembang Florida, Jeffrey Soffer, Elle memutuskan untuk menolak perawatan konvensional. Ia menyewa sebuah rumah dalam Phoenix, Arizona, selama delapan bulan untuk mengobati karsinoma payudaranya secara holistik dengan bimbingan dokter utamanya, seseorang dokter naturopati, dokter gigi holistik, osteopath, chiropractor, kemudian dua terapis. 

Reaksi Elle terhadap Kritik Pengobatan Kankernya

Dalam buku terbarunya yang mana berjudul Elle: Life, Lessons, and Learning to Trust Yourself yang terbit awal September ini, ia menulis tentang tindakan pengobatannya. “Menolak solusi medis standar adalah hal tersulit yang pernah saya lakukan pada hidup saya,” ungkapnya pada buku tersebut. “Orang-orang mengira saya gila. Tapi saya tahu saya harus menghasilkan pilihan yang benar-benar beresonansi dengan saya,” lanjutnya.

Ia  juga menganggap kemoterapi dan juga operasi adalah langkah yang digunakan terlalu ekstrem. Saat ini Elle mengaku bahwa ia berada di remisi klinis, yang ia sebut sebagai ‘kesehatan yang dimaksud utuh’. Elle juga mengatakan, anak-anaknya—Flynn lalu Cy, juga mantan pasangannya, Arpad Busson miliki reaksi yang campur aduk terhadap pilihan pengobatannya tersebut.

PEOPLE | THE GUARDIAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *