Viral Diakon Asal India Disebut Mirip Yesus pada waktu Misa Agung Paus Fransiskus

DreamHub.id – JakartaMisa Agung yang digunakan dipimpin Paus Fransiskus pada Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis, 5 September 2024 dihadiri sekitar 87 ribu umat Katolik dari berbagai tempat di area Indonesia. Salah satu yang menarik perhatian adalah kemunculan Diakon jika India bernama Arockia Viknesh Thanislaus yang parasnya disebut mirip dengan sosok Yesus.

Setelah Paus Fransiskus memberikan berkat penutup pada akhir misa serta meninggalkan altar, sorot kamera tanpa peringatan tertuju untuk Arockia Viknesh. Wajahnya muncul dalam layar besar kanan-kiri altar maupun di siaran dengan segera dalam berbagai kanal YouTube dan juga siaran televisi.

Terdengar pendapat gemuruh umat dalam Stadion Utama GBK selama Arockia Viknesh tersorot kamera. Rambut keriting panjang hingga janggut yang tersebut tebal membuatnya disebut mirip dengan penggambaran Yesus selama ini. “Ada Tuhan Yesus dalam layar kita,” kata salah satu romo yang digunakan menjadi MC di acara tersebut.

Menyadari dirinya sedang menjadi sorotan, Arockia Viknesh kemudian tersenyum lalu melambaikan tangan ke arah kamera. Momen singkat yang dimaksud diabadikan sebagian pihak kemudian menjadi tersebar luas dalam media sosial.

Arockia Viknesh adalah Diakon Asal India

Diketahui Arockia Viknesh Thanislaus merupakan diakon dengan syarat India yang bertugas melayani umat di dalam Maumere, Nusa Tenggara Timur. Romo Aloysius Wahyu Endro Suseno yang dimaksud menjadi Pastor Paroki St. Maria Fatima, Lembang, membagikan foto sama-sama dengan Arockia Viknesh seusai misa agung yang tersebut dipimpin dengan segera oleh pemimpin tertinggi agama Katolik, kemarin di dalam GBK.

Diakon Arockia Viknesh @vikneshmgl dari India. Mirip siapa yah? Kayak pernah lihat. Semoga bukanlah cuma cosplay,” tulis Romo Aloy di tempat Instagram pribadinya pada Jumat, 6 September 2024.

Sejumlah umat mengira bahwa Arockia Viknesh merupakan romo atau pastor. Namun Romo Aloy memverifikasi bahwa Arockia Viknesh adalah diakon. “Betul, masih diakon,” tulis Romo Aloy membalas salah satu komentar netizen.

Hierarki Gereja Katolik terdiri dari Paus, uskup, imam, serta diakon. Sebelum ditahbiskan, manusia calon imam akan menerima Tahbisan Diakon. Diakon merupakan salah satu pembantu uskup, selain imam.

Mengutip dari Pena Katolik, diakon dapat membaptis, berkhotbah selama misa, meresmikan pernikahan Katolik, serta bahkan menjalankan paroki (dengan izin uskup setempat). Diakon juga dapat mengatur layanan komuni selama misa. Namun, diakon bukan dapat melakukan konsekrasi pada perayaan Ekaristi atau mendengarkan pengakuan dosa. Mereka bukan dapat melaksanakan Sakramen Menguatkan atau Pengurapan Orang Sakit.

Komentar Lucu Warganet terhadap Diakon yang digunakan Mirip Yesus

Sejak kemarin warganet terus membicarakan Arockia Viknesh Thanislaus di dalam media sosial sebab penampilannya. Tidak sedikit yang mana penasaran dengan diakon jika India tersebut.

Itu yang mana mirip papi J di dalam GBK ternyata diskon yang mau ditahbiskan, kira-kira nanti tugasnya dimana ya, penasaran sebanding gerejanya tiap hari ketemu identik yang tersebut mirip Tuhan Yesus,” tulis areaof***. “Tadi misa bareng dalam gereja pada ketawa semua pas romonya ngomong ada Yesus,” tulis @AHGA***. “Walaupun sulit, tapi kami masih menikmati hidup kami kok Bapa… Jangan dulu datang ya…” tulis @Far***.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *