“Tulang Belulang Tulang” berikan drama keluarga berlatar budaya Batak

DreamHub.id – Ibukota Indonesia – Film "Tulang Belulang Tulang” karya sutradara Sammaria Sari Simanjuntak menyajikan drama keluarga berlatar budaya Batak kemudian tayang di dalam bioskop Indonesia mulai 26 September 2024.

"Mengejutkan, Kemendikbudristek meninjau film ini dari kaca mata budaya yang dimaksud kaya, nilai-nilai Indonesia, dan juga sejumlah hal positif yang mana disampaikan di cerita yang dibalut drama-komedi 'Tulang Belulang Tulang' ini," kata Atiqah Hasiholan, pemeran Mami Laterina, pada pertemuan wawancara khusus dalam ANTARA Heritage Center, Jakarta, Senin.

Film komedi "Tulang Belulang Tulang" didukung oleh Direktorat Perfilman, Musik, dan juga Dunia Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Studi juga Teknologi. Film itu merupakan hasil inkubasi dari acara Indonesiana Film 2021 yang digunakan menonjolkan budaya Batak, teristimewa Batak Toba.

"Tulang Belulang Tulang" mengupas perjalanan keluarga Mami Laterina dari Bandung, Jawa Barat, menuju tanah adat di dalam Toba, Sumatera Utara, demi hadir di upacara Mangokal Holi, tradisi pemindahan tulang belulang leluhur ke tanah adat.

Tulang belulang Sang Tulang Tua (kakek buyut) mereka itu yang telah meninggal dibawa pada sebuah koper. Rencana merek pun berubah akibat koper berisi tulang itu hilang.

Aktris Tasha Siahaan, yang berperan sebagai Cian, melakukan riset ke keluarganya sendiri untuk mendalami karakter yang mana diperankan pada film komedi tersebut. Meskipun mempunyai darah Batak dari sang ayah, ia dibesarkan pada lingkungan yang digunakan berbeda dari Cian lantaran ibunya berasal dari Jawa.

"Jadi, aku ngeliat anak-anaknya namboru (bibi dari pihak ayah)-ku," kata Tasha.

Film keluarga yang dimaksud diharapkan sanggup menghibur para penonton, sekaligus memperkenalkan budaya Batak. 
 

"Ini sangat relate (terasa), kehangatannya pasti sanggup ditonton juga dirasakan dengan segera mirip siapapun," tutup Cornel Nadeak yang berperan sebagai Alon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *