12 Daftar Artis yang mana dimaksud Maju Pemilihan Kepala Daerah 2024, Ada Rano Karno hingga Ramzi

DreamHub.id – Jakarta – Sejumlah artis Indonesia turut meramaikan kontestasi pemilihan kepala wilayah atau pemilihan kepala daerah 2024. Beberapa dari merekan ada yang digunakan mencalonkan diri sebagai calon perwakilan bupati (cawabup), calon bupati (cabup), calon wali kota (cawalkot), hingga calon delegasi gubernur (cawagub). 

Mereka juga telah terjadi mendaftarkan diri sama-sama pasangannya ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) masing-masing daerah. Adapun pendaftaran calon kandidat pemilihan kepala daerah 2024 telah terjadi berakhir pada Kamis, 28 Agustus 2024 lalu. 

Memiliki popularitas dalam dunia hiburan Tanah Air, deretan figur rakyat ini memutuskan untuk terjun ke dunia urusan politik lalu pemerintahan dengan mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah. Sebelumnya, pada Pemilihan Umum atau pemilihan raya 2024, sejumlah juga pesohor yang dimaksud forward sebagai calon legislatif dalam beberapa wilayah di tempat Indonesia.

Lantas, siapa hanya daftar artis yang dimaksud progresif Pemilihan Kepala Daerah 2024? Berikut rangkuman informasinya.

1. Rano Karno

Pemain film Si Doel Anak Sekolahan, Rano Karno resmi mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Gubernur Jakarta. Dia mendampingi Pramono Anung yang mana diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pasangan itu pun sudah pernah mendaftarkan diri ke KPU Ibukota pada Rabu, 28 Agustus 2024.

2. Ronal Surapradja

Ronal Surapradja di dalam Java Jazz Festival 2022 pada 29 Mei 2022/Tempo-Mitra Tarigan

Komedian sekaligus penyiar, Ronal Surapradja diusung PDIP sebagai Calon Wakil Gubernur Jawa Barat. Dia diduetkan bersatu mantan Kepala Daerah Pangandaran, Jeje Wiradinata. Adapun pasangan Jeje-Ronal mendaftar ke KPU Jawa Barat di area menit-menit akhir pendaftaran calon kepala daerah, yakni Kamis malam, 29 Agustus 2024 pukul 23.30 WIB.

3. Gilang Dirga

Presenter Gilang Dirgahari atau yang tersebut lebih tinggi dikenal sebagai Gilang Dirga mendampingi Didik Agus Triwiyono di Pemilihan Pimpinan Daerah atau Pilbup Kota Bandung Barat 2024. Dia mencalonkan diri sebagai calon delegasi bupati yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

4. Kris Dayanti

Diva Indonesia ini sudah melenggang di tempat berbagai panggung. Kini, Kris Dayanti atau KD akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah 2024 sebagai kader dari PDI Perjuangan. KD mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Kepala Daerah Pusat Kota Batu, Jawa Timur. Menurut Koordinator Relawan KD, Yani Andoko, keputusannya mewakili mengambil formulir pendaftaran lantaran yakin terhadap kemampuan kemudian komitmen KD menyebabkan pembaharuan positif berdasarkan permintaan penduduk Perkotaan Batu.

“Kami percaya bahwa Kris Dayanti adalah sosok yang tersebut memiliki visi dan juga dedikasi untuk memajukan Pusat Kota Batu ke arah yang dimaksud lebih tinggi baik. Melalui kepemimpinan Kris Dayanti, kami yakin Pusat Kota Batu akan semakin forward dan juga berkembang,” kata Yani.

5. Vicky Shu

Penyanyi Vicky Shu. Foto: Instagram/@vickyshu

Model juga penyanyi Vicky Veranita Yudhasoka Shu atau yang mana akrab disapa Vicky Shu turut meramaikan pemilihan gubernur 2024. Dia menegaskan diri forward sebagai Calon Wakil Pimpinan Daerah Cilacap, mendampingi Awaluddin Muuri. Pasangan ini diusung oleh Partai Gerindra, Partai NasDem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), serta Partai Garuda.

6. Ali Syakieb

Aktor Ali Syakieb akan mendampingi Dadang Supriatna pada Pemilihan Kepala Kabupaten (Pilbup) Bandung Barat. Pasangan Dadang-Ali ini diusung oleh PKB, NasDem, Gerindra, Demokrat, juga PDIP. Mereka juga telah terjadi mendaftarkan diri ke KPU Wilayah Bandung Barat pada Kamis, 29 Agustus 2024.

7. Sahrul Gunawan

Aktor yang dimaksud dikenal akibat perannya di film Jin dan juga Jun ini akan kembali forward di Pilbup Bandung. Sebelumnya, Sahrul pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Kabupaten Bandung, mendampingi Dadang Supriatna. Kini, ia mencalonkan diri sebagai Calon Pimpinan Daerah dengan wakilnya, Gun Gun Gunawan. Pasangan Sahrul-Gun Gun ini diusung oleh Partai Golkar, PKS, PPP, Hanura, Partai Ummat, kemudian Partai Garuda.

8. Lucky Hakim

Figur rakyat yang tersebut juga merupakan kader Partai NasDem ini mencalonkan diri sebagai Calon Pimpinan Daerah Indramayu dengan Syaefudin. Namun, pasangan ini diusung oleh Partai Golkar juga PKS. Mereka pun telah lama melakukan pendaftaran ke KPU Indramayu pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Sebelumnya, Lucky Hakim adalah mantan Wakil Pimpinan Daerah Indramayu, mendampingi Nina Agustina Da’i Bachtiar. Keduanya dilantik pada Februari 2021. Namun pada 2023, Lucky memutuskan untuk mundur dari jabatannya.

9. Jeje Govinda

Ritchie Ismail atau Jeje Govinda mencalonkan diri sebagai calon Pimpinan Daerah Bandung Barat di pemilihan gubernur mendatang. Langkah politinyanya ini tak lepas dari dukungan keluarga, khususnya dari Raffi Ahmad, kakak ipar Jeje yang digunakan juga merupakan rakyat figur terkenal dalam Indonesia. Jeje adalah suami dari adik Raffi Ahmad, Syahnaz Sadiqah. 

Sebelumnya, Jeje pernah mencoba peruntungannya sebagai calon legislatif DPR RI pada pemilihan raya 2024, tetapi beliau gagal melenggang ke Senayan. Kali ini, Jeje progresif sebagai calon bupati bersatu Asep Ismail. Dia diusung Partai Amanat Nasional (PAN) kemudian Gerindra.

10. Hengky Kurniawan

Pilbup Bandung Barat akan dihiasi oleh wajah-wajah artis Indonesia. Selain Gilang Dirga, Ali Syakieb, serta Jeje Govinda, Hengky Kurniawan juga turut mencalonkan diri sebagai Calon Kepala Kabupaten Daerah Bandung Barat. Didampingi oleh Ade Sudrajat, Hengky diusung oleh lima partai politik. mulai dari PDIP, NasDem, PPP, Perindo, hingga Partai Buruh. 

Kontestasi ini merupakan kali kedua yang dimaksud dihadiri oleh Hengky Kurniawan. Pada pemilihan gubernur 2018, Hengky berhasil mengungguli Pilbup Bandung Barat sebagai Wakil Kepala Kabupaten Aa Umbara. Kemudian beliau naik jabatan sebagai Kepala Kabupaten Bandung Barat setelahnya Aa Umbara ditetapkan sebagai dituduh pada tindakan hukum korupsi Bansos Covid-19.

11. Gita KDI

Gitalis Dwi Natarina atau Gita KDI. FOTO/instagram/gita_kdi

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusung Acep Adang Ruhiyat-Gitalis Dwi Natarina atau Gita KDI sebagai calon gubernur juga delegasi gubernur Jawa Barat. Gita KDI adalah artis Indonesia jebolan kontes dangdut yang dihelat stasiun televisi swasta. 

Ketua DPW PKB Jawa Barat, Syaiful Huda mengungkapkan pasangan akan calon gubernur juga calon delegasi gubernur yang dimaksud adalah kader partainya. “Malam ini kami DPW PKB Jawa Barat mengantarkan kader-kader kami untuk berjuang, dua-duanya beliau Pak Acep masih sebagai anggota DPR lalu Teh Gita sempat di dalam DPR periode 2009-2014 dari PKB,” ucap Syaiful ketika mendaftarkan Acep-Gita Ke KPU Jawa Barat, Kamis 29 Agustus.

12. Ramzi

Artis selanjutnya yang progresif pada pemilihan gubernur 2024 adalah Ramzi. Dia mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Pimpinan Daerah Cianjur, mendampingi Mohammad Wahyu. Kabar pencalonan diri Ramzi ini cukup mengejutkan publik. Presenter kenamaan Tanah Air yang dimaksud tidak ada pernah mengumumkan akan forward di Pemilihan Kepala Daerah 2024. 

INSTAGRAM | HAURA HAMIDAH | RACHEL FARAHDIBA REGAR | AHMAD FIKRI | ADINDA JASMINE PRASETYO, berkontribusi pada artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *