Polisi Konfirmasi Dugaan Pelecehan Seksual Moon Taeil Tak Libatkan Anak di area tempat Bawah Umur

DreamHub.id – Jakarta – Investigasi terhadap dugaan tindakan hukum pelecehan seksual yang mana menyeret Moon Taeil, mantan anggota boy group NCT terus bergulir. Polisi Seoul sudah mengklarifikasi bahwa tindakan hukum dugaan kejahatan seksual yang mana menjerat Taeil tidak ada terkait dengan pelecehan terhadap anak di dalam bawah umur. 

Polisi Bantah Kasus Berkaitan dengan Anak di tempat Bawah Umur

Klarifikasi ini disampaikan oleh Kepala Kepolisian Bangbae Seoul, Choi Young Ki, sebagai respons terhadap ramalan di area media sosial yang dimaksud mengaitkan Taeil dengan dugaan kejahatan seksual pada pribadi remaja pria. Mereka menegaskan bahwa persoalan hukum Taeil tak melibatkan pelanggaran terhadap anak dalam bawah umur.

“Penyidikan ini bukan terkait dengan penyidikan kejahatan seksual terhadap anak dalam bawah umur yang dimaksud berjenis kelamin sejenis (dengan Taeil),” ujar Choi Young Ki, disitir dari laporan Chosun Ilbo pada Rabu, 28 Agustus 2024. 

Pernyataan ini muncul setelahnya maraknya rumor yang digunakan beredar pada media X, yang dimaksud menyebutkan bahwa Taeil melakukan pelecehan terhadap individu remaja laki-laki berusia 12 tahun, yang dilaksanakan sejak enam tahun silam hingga korban ketika ini berusia 18 tahun.

Agensi Bantah Tudingan Tutupi Kasus Taeil

SM Entertainment, agensi yang digunakan menaungi Taeil  membantah adanya tudingan bahwa merek menutupi perkara yang tersebut menyeret idol mereka. Spekulasi media sosial ini berawal sebab laporan Kepolisian Bangbae mengungkapkan bahwa mereka itu telah lama menerima laporan pelecehan seksual yang tersebut diadakan Taeil sejak Juni lalu. Namun, SM baru mengakses ucapan pada 28 Agustus dan juga secara langsung mengumumkan Taeil dikeluarkan dari NCT. 

Menurut laporan salah satu kantor berita Korea, Newsen, Kantor Polisi Bangbae di dalam Seoul menerima pengaduan dari seseorang perempuan berinisal A. Perempuan itu mengaku mendapatkan pelecehan seksual oleh Taeil pada Juni 2024. Pihak kepolisian kemudian menyelidiki laporan yang disebutkan lalu memeriksa Taeil. “Taeil NCT ditangkap lantaran pelanggaran seksual pada bulan Juni juga bahwa penyelidikan masih berlangsung,” ujar Choi Young Ki.

Fakta yang dimaksud memproduksi rakyat geram sebab pada periode itu, sang idol masih terlibat untuk iklan comeback NCT 127. Namun, SM Entertainment telah terjadi membantah rumor yang disebutkan pada Kamis, 29 Agustus 2024. Newsen melaporkan, perwakilan agensi yang disebutkan menyatakan bahwa pihaknya baru mengetahui gugatan yang dimaksud pada pertengahan Agustus. 

“Baik agensi maupun Taeil pertama kali mengetahui gugatan yang dimaksud pada pertengahan Agustus, lalu Taeil diinterogasi polisi pada 28 Agustus,” ujar perwakilan SM Entertainment untuk Newsen.

SM Entertainment pada 28 Agustus mengumumkan pemecatan Taeil melalui keterangan tertulis, “Kami mengkonfirmasi bahwa Taeil sudah didakwa dengan tindakan hukum pidana terkait kejahatan seks”. Oleh sebab itu, merekan memutuskan bahwa Taeil tiada dapat melanjutkan aktivitas grup lagi. “Kami sudah ada membicarakan kesulitan ini dengan Taeil kemudian telah diputuskan beliau akan dikeluarkan dari grup,” tulis mereka melanjutkan.

Pihak agensi menyebutkan bahwa Taeil telah terjadi kooperatif pada penyelidikan. Seiring dengan berlangsungnya penyelidikan, SM Entertainment kemudian Taeil juga berjanji untuk terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan juga memberikan klarifikasi lebih besar lanjut untuk publik. “Kami sangat meminta-minta maaf melawan kontroversi yang digunakan disebabkan idol kami,” tulis agensi tersebut.

Idol bernama lengkap Moon Tae Il itu menjadi bagian dari NCT sejak debutnya sama-sama NCT U pada 2016. Ia kemudian bergabung dengan sub-unit NCT 127 pada Juli di dalam tahun yang dimaksud mirip dan juga bergerak berkarya sama-sama grup tersebut. Sepanjang kariernya, Taeil dikenal melalui lagu-lagu hit seperti ‘Hero’ kemudian ‘Fact Check,’ dan juga kontribusinya di berbagai soundtrack drama terkenal seperti School 2017, Radio Romance, hingga Twenty Five Twenty One.

X | SOOMPI | CHOSUN ILBO | NEWSEN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *