Setahun Garap Film Lembayung, Baim Wong Ungkap Sulitnya Jadi Sutradara

DreamHub.id – Jakarta – Baim Wong, yang dimaksud dikenal sebagai aktor serta pengusaha, pada saat ini merambah dunia penyutradaraan melalui film Lembayung. Dalam kesempatan perdananya sebagai sutradara, Baim Wong mengungkapkan tantangan besar yang mana yang dihadapinya pada proses produksi film horor yang diadaptasi dari kisah nyata itu.

Aktor kelahiran 1981 itu mengakui bahwa menjadi orang sutradara bukanlah hal yang mana mudah. “Jujur ya, jadi sutradara itu sulit sekali,” ungkap Baim Wong, ketika ditemui dalam XXI Epicentrum Kuningan, Ibukota Selatan, pada Hari Senin malam, 26 Agustus 2024.

Baim Wong menyatakan bahwa proses penyutradaraan membutuhkan perhatian penuh juga keterlibatan bergerak pada setiap tahapan produksi. Mulai dari mencari pemain yang tersebut tepat, mengatur jadwal syuting, hingga melakukan konfirmasi kualitas pada tahap post produksi seperti music scoring, recording, lalu mixing.

Baim Wong Sempat Diremehkan Jadi Sutradara

Ia juga menambahkan bahwa berbagai orang tiada percaya pada kemampuannya pada mengarahkan film. “Terus susah sekali lho, sejumlah juga yang nolakin saya, enggak percaya sebanding saya,” kata Baim melanjutkan.

Sutradara sekaligus produser film Lembayung, Baim Wong (kanan) memberikan keterangan pada waktu konferensi pers film Lembayung pada Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta, Senin, 26 Agustus 2024. Film Lembayung merupakan debut Baim Wong menjadi sutradara pada dunia film Indonesia. Dalam keterangannya, Baim menyampaikan menjadi sutradara bukanlah hal yang dimaksud mudah, karena tidak hanya sekali ketika proses syuting yang dimaksud ia perhatikan, Baim Wong juga harus fokus juga turut terlibat di proses pascasyuting. TEMPO/Martin Yogi Pardamean

Sebagai sutradara, Baim Wong terlibat penuh di seluruh proses pembuatan Lembayung. Ia harus meyakinkan setiap detail, dari pra-produksi hingga pasca-produksi, berjalan sesuai rencana. Suami dari Paula Verhoeven itu juga mengaku, film Lembayung memerlukan waktu satu tahun untuk diselesaikan.

“Jadi kalau mau buat film bagus itu saya harus menyita waktu satu tahun lebih banyak untuk menciptakan ini,” ujarnya.

Film Lembayung adalah hasil kerja identik antara Prime Eagle Studios dan juga Tiger Wong Entertainment. Film ini diangkat dari utas popular pada X berjudul ‘Jin Poli Gigi’, yang digunakan menceritakan pengalaman mistis yang dialami Pica lalu temannya Arum pada waktu menjalani magang di area sebuah klinik gigi di tempat pinggiran Yogyakarta. Kisah yang disebutkan sempat menjadi perhatian besar di area jagat maya sebelum Pica memutuskan untuk berhenti menulisnya akibat trauma yang tersebut ia alami.

Skenario Lembayung ditulis oleh Baim Wong dengan Gemati Rahayu. Film ini dibintangi oleh sebagian aktor ternama, termasuk Yasamin Jasem, Taskya Namya, Arya Saloka, Oka Antara, Anna Jobling, Erick Estrada, dan juga Asri Welas. Lembayung akan tayang pada bioskop pada Kamis, 19 September 2024. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *