Menjelang Tayang Film Seni Memahami Kekasih, Simak 5 Hal Hal ini

DreamHub.id – Jakarta – Film Seni Memahami Kekasih yang diadaptasi dari buku karya Agus Mulyadi alias Agus Magelangan akan tayang pada bioskop mulai 5 September 2024. Film ini mengisahkan perjalanan cinta antara Agus dan juga istrinya, Kalis Mardiasih, dibalut dengan keberadaan ekonomi merekan yang digunakan sederhana. Dibintangi oleh Febby Rastanty dan juga Elang El Gibran, juga sejumlah aktor lainnya.

1. Stigma

Agus sebagai penulis buku menyoroti stigma yang tersebut mengekang hak-hak individu, khususnya pada hal pernikahan juga mempunyai anak. “Selama ini orang bilang enggak boleh jatuh cinta di keadaan miskin, enggak boleh menikah bahkan punya anak pada keadaan miskin. Itu quote yang digunakan sangat klasik,” katanya, pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Menurutnya jatuh cinta, kondisi tubuh seksual lalu reproduksi, bahkan menentukan status untuk menikah atau tidaklah adalah hak individu. Untuk itu, melalui film Seni Memahami Kekasih, Agus juga ingin menekankan pentingnya memberikan kebebasan terhadap anak-anak muda di menentukan jalan hidup merek sendiri.

2. Menikah

Di kesempatan yang digunakan sejenis Agus juga menegaskan, film yang dimaksud memberikan arahan kondisi perekonomian tidaklah seharusnya menjadi penghalang untuk meraih kebahagiaan lalu tanggung jawab di pernikahan. 

“Orang miskin boleh menikah, tapi beliau harus kerja. Justru aku enggak setuju kalau orang kaya tapi enggak kerja, tapi beliau menikah. Menikah itu bertanggung jawab,” katanya pada Rabu, 28 Agustus 2024.

3. Refleksi

Aktris Febby Rastanty berbagi pandangannya terkait isu yang dimaksud diangkat di film yang dimaksud yang mana menurut beliau bukanlah sekadar drama cinta, melainkan juga refleksi norma sosial. Menurut Febby, Kalis Mardiasih adalah individu bebas yang dimaksud bisa jadi memilih jalan hidupnya sendiri. 

“Karena ia punya privileged untuk punya institusi belajar tinggi, justru orang-orang malah kayak ‘eh, ngapain sih nikah?’,” katanya, Rabu, 28 Agustus 2024.

4. Pilihan Hidup

Menurut Febby, melalui tokoh-tokoh yang ada, film Seni Memahami Kekasih mencoba membuka dialog tentang pentingnya menghargai pilihan hidup setiap individu, tanpa memandang sekolah atau karier. “Enggak seharusnya menasihati orang atau menaruh harapan berdasarkan background kita masing-masing,” kata ia pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Febby mengatakan, isu-isu sosial seperti ini kerap diabaikan atau dianggap sepele. Film Seni Memahami Kekasih, kata Febby, juga meminta penonton untuk merenungkan kembali sikap dia terhadap pilihan hidup orang lain, khususnya wanita.

5. Nobar

Melalui Instagram resminya @film_smk yang dimaksud diunggah pada Sabtu, 24 Agustus 2024, pihak produksi mengumumkan akan mengadakan nonton bareng atau nobar di tempat beberapa bioskop di tempat Ibukota Indonesia lalu Depok. Nonton bareng ini juga akan dihadiri oleh para pemain dan juga penulis buku Seni Memahami Kekasih seperti Febby Rastanty, Agus Mulyadi, Kalis Mardiasih, Inayma, Ruth Marini, Fajar Nugros.

Adapun jadwal nobar dalam beberapa bioskop, yaitu:

– Ibukota pada Blok M XXI pada Jum’at, 30 Agustus 2024 19.00 WIB 

– Ibukota di dalam Bassura XXI pada Sabtu, 31 Agustus 2024 14.30 WIB

– Depok di area Depok XXI pada Sabtu, 31 Agustus 2024 19.00 WIB

ADINDA JASMINE PRASETYO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *