Gagasan Interaktif Pentas Teater Placebo, Asmara Abigail akan Live Streaming dalam tempat Panggung

DreamHub.id – Jakarta Asmara Abigail mengungkapkan salah satu hal menarik dari pementasan teater Placebo yang dibintanginya. Placebo merupakan pertunjukan dari Stock Teater yang digunakan akan dilakukan di dalam Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki (TIM), 6-7 September 2024.

Konsep interaktif yang ditawarkan akan memberikan pengalaman baru bagi pemain kemudian penonton oleh sebab itu berbeda dari pertunjukan teater pada umumnya. Para penonton teater biasanya tidaklah diperkenankan menggunakan ponsel, namun kali ini Placebo mempersilakan penonton mengaktifkan ponsel mereka itu untuk menyaksikan siaran dengan segera atau live streaming karakter ‘Perempuan Itu’ yang tersebut diperankan Asmara Abigail.

“Ada beberapa scene dalam ketika aku live streaming dengan handphone, audiens juga diajak untuk membuka handphone dia lalu menonton aku live secara langsung. Kita mampu lihat akun ‘Perempuan Itu’ yang live streaming secara secara langsung di dalam melawan panggung tapi juga bisa jadi diakses melalui handphone masing-masing,” kata Asmara Abiagil di wawancara dengan Tempo secara virtual pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Format yang dimaksud menarik perhatian Asmara. Menurutnya, Totos Rasiti selaku sutradara Placebo, ingin membangkitkan diskusi tentang keberadaan teknologi di dalam berada dalam gaya hidup warga zaman sekarang.

“Ini akan sangat interaktif lantaran pas Instagram Live Story kan nanti sejumlah yang tersebut komentar atau kasih emoji, nanti juga ada interaksi yang akan aku baca seperti layaknya kita live Instagram,” ucapnya.

Placebo Padukan Teknologi Kecerdasan Buatan lalu Video Mapping

Khusus untuk Placebo, Stock Teater akan melakukan pementasan dengan memadukan teknologi Artificial Intelligence (AI), film, dan juga video mapping di satu panggung. Panggung hanya sekali kosong. Semua elemen interior rumah diisi oleh video mapping.

Video mapping berisi sesuatu yang digunakan tak bergerak atau statis maupun sesuatu yang bergerak atau motion. Ada anjing peliharaan yang tersebut modar mandir, ada akuarium yang digunakan menempel di tempat tembok dengan ikan-ikan yang dimaksud besar. Kesimpulannya, panggung adalah dunia virtual AI.

Ada juga layar transparan yang tersebut terpasang pada belakang panggung untuk objek video proyektor yang dimaksud menampilkan dunia nyata. Manusia di dalam pada dunia nyata akan menuju dunia virtual (panggung utama) dengan menggunakan perantara lensa kontak yang digunakan dipasang di area mata.

Di akhir cerita, semua video mapping, baik dunia virtual dan juga dunia nyata akan menyala pada panggung sampai ke bangku penonton, sebagai deskripsi leburnya dunia nyata dan juga dunia Kecerdasan Buatan yang membingungkan.

Dalam proyek Placebo yang naskahnya ditulis oleh Rebecca Kezia, Aria Baja bertindak sebagai Pimpinan Produksi serta Iwen Rozari sebagai Pengarah Artistik.

Placebo merupakan karya terbaru dari Stock Teater yang digunakan telah lama vakum selama 10 tahun. Stock Teater didirikan oleh Totos Rasiti, Aibey S. Huda, Norman R. Akyuwen dan juga Epy Kusnandar pada 1997. Mereka adalah mahasiswa/alumni Jurusan Teater Institut Kesenian DKI Jakarta (IKJ).

Placebo menceritakan tentang karakter ‘Perempuan Itu’ yang dimaksud hidup di kebahagiaan lalu miliki segala yang digunakan diimpikan oleh berbagai orang. Namun, suatu hari percobaan livestream membawanya pada perkembangan demi perkembangan yang mana menguak kebenaran tentang kebahagiaan pada dunia yang dimaksud ia huni. ‘Seorang X’ muncul lalu menuntut tanya, apakah ‘Perempuan Itu’ berada dalam hidup pada masa lalu? Mungkinkah, hidup yang tersebut membahagiakan ini adalah ilusi?

Selain Asmara Abigail, pementasan Placebo juga dibintangi oleh Aibey S Huda, Ricky Malau, Aline Jusria, Agus Nur Amal, serta Eno TB. Pementasan ini dikhususkan untuk usia 18 tahun ke atas. Tiket telah dijual sejak pertengahan Agustus lalu dengan harga jual mulai dari Rupiah 150 ribu. Tiket masih tersedia serta dapat dibeli melalui link di tempat bio Instagram @stockteater.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *