Patung

Patung

Pendahuluan: Seni Patung

Dreamhub.id – Patung merupakan suatu bentuk seni tiga dimensi yang telah terepresentasikan secara fisik dalam dimensi tinggi, lebar, dan dalam. Ini adalah salah satu seni plastik. Prosedur pahatan yang tahan lama awalnya menggunakan ukiran (penghilangan material) dan pemodelan (penambahan material, seperti tanah liat), pada batu, logam, keramik, kayu, dan material lainnya. Tetapi sejak Modernisme, terdapat fleksibilitas material dan proses yang hampir tidak terbatas. Berbagai macam bahan dapat dimanipulasi dengan cara dihilangkan, seperti ukiran, dibuat dengan pengelasan atau pemodelan, atau dicetak atau dicor.

Perbandingan Patung Batu Dan Kayu

Patung yang terbuat dari batu jauh lebih baik jika bandingkan karya seni yang terbuat dari bahan yang mudah rusak. Seringkali merupakan sebagian besar karya yang bertahan (selain tembikar) dari masyarakat kuno. Sementara tradisi patung kayu mungkin telah hampir musnah seluruhnya. Namun, banyak patung tua yang terlukis dengan cemerlang dan telah hilang.

Patung biasanya berkaitkan dengan ketaatan beragama di banyak budaya. Hingga saat ini, patung berukuran besar, yang terlalu mahal untuk buatan orang pribadi. Sering kali orang menggunakannya untuk menyampaikan agama atau politik. Patung-patung dari Mediterania kuno, India, dan Tiongkok masih bertahan dalam jumlah besar. Begitu pula patung-patung dari Amerika Tengah dan Selatan serta Afrika.

Seni Pahat

Warisan seni pahat Barat berasal dari Yunani kuno. Yunani sebagian besar dianggap menghasilkan mahakarya besar sepanjang periode klasik. Selama Abad Pertengahan, seni Gotik menggambarkan penderitaan dan semangat agama Kristen. Renaisans menyaksikan kelahiran kembali model-model kuno, menghasilkan patung-patung ikonik seperti David karya Michelangelo. Patung modernis beralih dari metode konvensional dan fokus pada penggambaran bentuk manusia.

Jenis Seni Patung

Ada perbedaan antara patung “dalam lingkaran”, yaitu patung yang berdiri bebas seperti patung dan tidak terhubung ke permukaan lain kecuali berpotensi di dasarnya, dan jenis relief lainnya, yang setidaknya sebagian menempel pada latar belakang permukaan. Patung Relief kadang-kadang terbagi menjadi beberapa kelompok menurut tingkat tonjolan dari dinding. Dengan relief rendah atau relief dasar, relief tinggi, dan kadang-kadang relief tengah menengah. Relief tenggelam adalah teknik unik di Mesir kuno.

Patung Relief

Relief adalah media pahatan yang paling umum untuk kelompok figur besar dan subjek naratif yang sulit untuk mencapainya dalam putarannya. Ini juga merupakan teknik yang paling umum orang gunakan untuk patung arsitektur yang biasa tertempel pada bangunan, serta patung skala kecil yang menghiasi objek lain, seperti tembikar, kerajinan logam, dan perhiasan. Patung relief juga orang gunakan untuk menghiasi prasasti. Yaitu lempengan batu tegak dan biasanya dilengkapi prasasti.​​

Cara Membedakan Patung

Perbedaan mendasar lainnya adalah antara metode ukiran subtraktif, yang mengambil material dari balok atau bongkahan yang sudah ada, seperti batu atau kayu, dan teknik pemodelan, yang membentuk atau menciptakan karya dari material tersebut. Teknik pengecoran, pencetakan, dan pencetakan semuanya menggunakan matriks perantara yang menahan desain untuk membuat karya beberapa di antaranya memungkinkan banyak salinan untuk diproduksi.​

Kata patung sering orang gunakan untuk mendeskripsikan karya berukuran besar. Misalnya sebagai patung monumental, yang menyiratkan karya seni berukuran besar atau patung yang terhubung ke suatu struktur. Namun, namanya dengan tepat mencakup berbagai macam karya miniatur tiga dimensi yang menggunakan metode yang sama, termasuk koin dan medali, serta ukiran batu keras, yaitu ukiran batu kecil yang memerlukan usaha yang cermat.

Contoh Patung Besar

Monumen yang sangat besar atau “kolosal” ini memiliki daya tarik yang bertahan lama sejak jaman dahulu. Rekor tertinggi adalah monumen Persatuan India tahun 2018, yang tingginya 182 meter (597 kaki). Jenis patung potret megah lainnya adalah patung penunggang kuda yang sedang menunggang kuda. Yang semakin jarang ditemukan dalam beberapa dekade terakhir. Jenis patung potret seukuran aslinya yang paling sederhana adalah “kepala”, yang menggambarkan hal itu, dan payudara, yang melambangkan seseorang dari dada ke atas. Patung-patung kecil termasuk patung, yang seringkali berupa patung yang tingginya tidak lebih dari 18 inci (46 cm), serta plakat, medali, atau koin untuk relief.

Patung suara, patung cahaya, seni lingkungan, patung lingkungan, patung seni jalanan, patung kinetik (termasuk gerak fisik), seni tanah, dan seni spesifik lokasi adalah beberapa gaya patung non-tradisional yang seniman modern dan kontemporer kenalkan. Patung adalah jenis karya seni publik yang penting. Taman patung mengacu pada sekelompok patung di taman.

Tujuan dan topik Patung

Salah satu kegunaan patung yang paling populer dalam beberapa hal berkaitan dengan agama. Gambar pemujaan biasanya orang temukan di banyak peradaban, namun jarang berupa monumen dewa besar yang mendefinisikan seni Yunani kuno, seperti Patung Zeus di Olympia. Gambar-gambar ibadah yang sebenarnya di kuil-kuil terdalam di kuil-kuil Mesir, yang tidak ada satu pun yang bertahan, jelas-jelas agak sederhana, bahkan di kuil-kuil terbesar sekalipun.

Dalam agama Hindu, bentuk lingga yang paling umum adalah yang sangat dasar dan kuno. Agama Buddha memperkenalkan patung figur suci ke Asia Timur. Di mana tampaknya tidak ada sejarah analogi sebelumnya, meskipun bentuk dasar seperti bi dan cong kemungkinan besar memiliki arti penting secara agama.

Penutup

Patung kecil sebagai barang pribadi berasal dari seni kuno tertua, sedangkan penggunaannya yang berukuran sangat besar sebagai seni publik. Terutama untuk mengesankan penonton dengan keperkasaan seorang penguasa, setidaknya sudah ada sejak Sphinx Agung 4.500 tahun yang lalu. Dalam arkeologi dan sejarah seni, kemunculan, dan terkadang hilangnya, patung besar atau monumental dalam suatu budaya dianggap sangat signifikan. Meskipun penelusuran kemunculannya sering kali mempersulit dengan dugaan adanya patung dari kayu dan bahan mudah rusak lainnya yang tidak ada catatannya.​ tetap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *