Sudah Tahu Cara Mengirim Lamaran Kerja via E-mail yang Benar? Yuk Cek Ketentuannya!

Sudah Tahu Cara Mengirim Lamaran Kerja via E-mail yang Benar Yuk Cek Ketentuannya!

Sebagian dari Anda pasti tahu atau bahkan mengalami sendiri pengalaman mengirim lamaran kerja dengan memakai jasa pos atau bahkan datang langsung ke perusahaan. Sekarang, dengan adanya internet, melamar pekerjaan bisa dilakukan dengan praktis dan cepat hanya menggunakan e-mail.

Meski demikian, masih ada orang yang tidak mengerti cara mengirim lamaran kerja via e-mail dengan baik. Memang terlihat sepele, tapi bila Anda tidak memperhatikan apa saja persyaratan yang perlu dikirim dan etika pengirimannya dengan baik, maka bisa membuat berkas lamaran Anda ditolak oleh pihak HRD perusahaan. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, berikut cara mengirim lamaran kerja via e-mail yang bisa Anda tiru.

Simpanlah Berkas Lamaran Pekerjaan ke Dalam File PDF

Sebelum mengirim lamaran pekerjaan, buatlah format semua berkas yang diperlukan seperti CV, surat lamaran kerja, ijazah pendidikan, sertifikat, kartu identitas, foto diri, portofolio, dan dokumen pendukung lainnya ke dalam file pdf. Semua berkas kecuali CV, surat lamaran, dan foto diri harus Anda scan dalam bentuk file PDF. Usahakan semua file tidak lebih dari 2 MB dan semua berkas harus di attach pada e-mail.

Beri Judul Subject dan Body E-mail yang Jelas dan Benar

Cara mengirim lamaran kerja via e-mail selanjutnya adalah buat judul atau subject e-mail yang jelas dan benar. Memberikan judul e-mail dengan baik memudahkan HRD untuk menemukan e-mail Anda. Tak perlu panjang, subject e-mail cukup ditulis singkat tapi jelas (biasanya berupa posisi pekerjaan yang Anda lamar dan nama lengkap Anda).

Bukan hanya judul subject, body e-mail juga perlu diperhatikan. Meski semua berkas-berkas Anda dikrim dengan cara di attach, bukan berarti body e-mail dibiarkan kosong begitu saja. Pada body e-mail cantumkanlah salam pembuka, identitas diri, bagaimana Anda mendapatkan informasi terkait lowongan pekerjaan tersebut, posisi yang akan Anda lamar, nomor kontak Anda, dan salam penutup. Tulislah memakai bahasa yang formal namun hindari penulisan yang bertele-tele dan terlalu panjang.

BACA JUGA: Coworking Space Murah Jakarta Selatan

Sebelum Dikirim, Periksa Kembali Persyaratan

Setelah melengkapi poin-poin di atas, cara mengirim lamaran kerja via e-mail yang perlu juga dilakukan adalah periksa kembali semua persyaratan sebelum mengirimnya. Coba cek lagi tulisan (jangan ada salah ketik), kelengkapan dokumen sesuai yang diminta oleh perusahaan, dan bentuk file berkas Anda. Selain itu, kirimlah lamaran untuk satu posisi saja ke satu perusahaan. Pastikan Anda memakai e-mail yang aktif, profesional (menggunakan nama asli Anda bukan samaran), dan sama dengan alamat e-mail sewaktu melamar kerja.

Kirim E-mail Diwaktu yang Tepat

Meski dilakukan via online, cara mengirim lamaran kerja yang benar harus dilakukan pada waktu yang tepat. Kirimkan semua berkas lamaran di hari dan jam kerja saja serta jika lowongan pekerjaan masih tersedia.

Itulah cara mengirim lamaran pekerjaan via e-mail yang benar. Meski melalui media online, tetaplah teliti dan cermat. Hindari tergesa-gesa untuk mengirim berkas lamaran Anda dan pastikan gunakan bahasa dan etika yang sopan, ya.

DREAM HUB