Enggak Susah Kok! Yuk Sontek Cara Membuat CV untuk Pemula Ini

Enggak Susah Kok! Yuk Sontek Cara Membuat CV untuk Pemula Ini

Bekerja setelah lulus kuliah merupakan rencana yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Bagi fresh graduate, tentu pengalaman melamar pekerjaan menjadi suatu tantangan tersendiri karena harus bersaing dengan banyak pelamar lain.

Dalam ‘mencuri hati’ HRD atau perekrut perusahaan yang akan dilamar, salah satu yang perlu diperhatikan, yakni Curriculum Vitae (CV) atau resume yang menjadi modal awal untuk membuat Anda bisa maju ke tahap  seleksi selanjutnya. Untuk membantu Anda, berikut ini pedoman cara membuat CV untuk pemula yang bisa diikuti.

Perhatikan Hal-hal yang Harus Ada pada CV

Cara membuat CV untuk pemula yang pertama adalah selalu perhatikan hal-hal apa saja yang harus ditulis. Biasanya dalam CV tercantum informasi seperti objektif, kontak, pendidikan, pengalaman organisasi, pengalaman magang, skill, dan prestasi. Untuk pengalaman magang dan skill usahakan cantumkan yang paling relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

CV yang Mudah Dibaca

Susunan tiap bagian juga menjadi cara membuat CV untuk pemula yang perlu diperhatikan. Jangan asal menyusunnya untuk menghindari CV terlihat tidak menarik. Hindari juga CV yang terlalu polos atau terlalu ramai karena akan membuat HRD bosan dan malas untuk membacanya. Jenis dan ukuran font juga perlu dipertimbangkan dengan baik. Hindari pemakaian huruf yang terlalu kecil dan jangan menggunakan jenis font yang sulit dibaca perekrut.

Pakai Saja Template CV Online

Cara membuat CV untuk pemula yang bisa Anda andalkan adalah memanfaatkan template CV online gratis. Jika Anda bingung bagaimana membuat CV yang dilengkapi desain menarik, manfaatkan saja berbagai template online CV yang saat ini sudah banyak tersedia di internet. Anda hanya tinggal memilih template yang diinginkan dan gantilah kata-katanya. Anda juga bisa mengubah warna dan menambah atau menghapus gambar di template tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas terbaru dari Microsoft Office versi 2010 ke atas yang menyediakan template online untuk pembuatan CV. Caranya juga cukup mudah untuk digunakan, Anda hanya tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan.

Hindari Salah Ketik

Semua hal yang Anda tulis pada CV harus diperhatikan penulisannya. Cek apakah ada typo atau salah ketik pada semua bagian CV. Pakailah tata bahasa yang jelas, singkat dan efektif serta kalimat bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang formal. Meski terlihat sepele, jika dalam CV ada kesalahan ejaan akan memberikan kesan yang terlihat tidak profesional.

Baca Juga: Cara Membuat Pitch Deck Menarik

CV Satu Halaman

Cara membuat CV untuk pemula yang perlu dipahami juga adalah CV dibuat dalam satu halaman saja. Ingat, meski Anda memiliki banyak skill, prestasi, pengalaman organisasi atau magang, tidak perlu semuanya dicantumkan. Pilih saja yang paling berhubungan dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. CV yang singkat, padat, dan jelas sangat disukai oleh HRD.

Cantumkan Informasi yang Akurat

Pada bagian data diri atau data identitas seperti nama panjang, alamat, nomor telepon dan alamat e-mail yang bisa dihubungi, dan alamat sosial media lainnya, cantumkan informasi yang benar dan jujur.

Minta Penilaian Orang Lain

Anda bisa juga meminta pendapat orang lain seperti keluarga atau teman Anda untuk memberikan pendapat atau penilaiannya terhadap CV yang Anda buat. Coba bandingkan dengan penilaian Anda dan keluarga atau teman Anda. Setelah itu, barulah perbaiki beberapa kesalahan  atau kekurangan yang ada.

Baca Juga: Coworking Space Murah Jakarta Selatan

Berdasarkan pedoman cara membuat CV untuk pemula di atas, ternyata tidak susahkan membuat CV untuk pemula? Yang perlu dipahami, jangan malas memperbagus CV Anda, ya. Diperlukan usaha dan kemauan untuk membuat CV yang menarik dan ‘berbeda’ dari pelamar lainnya. Selamat mencoba!

DREAM HUB