Cara Mempromosikan Diri ke Perusahaan yang Wajib Diketahui Agar Dapat Pekerjaan Impian

Cara Mempromosikan Diri ke Perusahaan yang Wajib Diketahui Agar Dapat Pekerjaan Impian

Ada banyak banget hal yang harus diperhatikan saat hendak melamar pekerjaan. Mulai dari hal administratif seperti membuat Curriculum Vitae (CV ) yang menarik, memikirkan apa pakaian yang sesuai buat dipakai saat menghadiri interview dengan perekrut, hingga menyiapkan apa saja yang akan Anda sampaikan saat proses interview. Semua itu merupakan bagian dari cara mempromosikan diri ke perusahaan agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan impian. Untuk lebih lengkapnya, berikut 7 cara mempromosikan diri ke perusahaan yang perlu diketahui.

Menyusun CV (Curriculum Vitae)  Semenarik Mungkin

Amunisi pertama saat mau melamar pekerjaan adalah dari Curriculum vitae yang Anda kirimkan pertama kali ke perusaahan. Anda harus membuat CV semenarik mungkin sebagai cara mempromosikan diri ke perusahaan dan membuat diri Anda berbeda dengan kandidat lain sehingga Andalah yang pantas untuk dipanggil dalam proses seleksi.

Buatlah CV dengan bahasa yang jelas dan efektif serta terstruktur rapi. Cantumkan informasi seperti keahlian, pengalaman kerja dan organisasi yang pernah Anda lakukan, dan berbagai prestasi yang Anda miliki serta paling sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Baca Juga: Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar

Penampilan yang Baik

Don’t judge a book by it’s cover ungkapan tersebut mengajarkan kita untuk jangan melihat seseorang hanya dari tampilannya saja. Tapi enggak bisa dipungkiri penampilan seseorang pertama kali bisa memengaruhi perekrut untuk mengambil keputusan.

Maka dari itu, penting sekali untuk memperhatikan apa pakaian yang Anda kenakan saat interview kerja. Jangan terlalu berlebihan tapi juga jangan terlalu biasa. Sesuaikan dengan budaya kantor yang Anda lamar atau pekerjaan yang Anda lamar.

Misalnya, jika Anda bekerja di bidang creative boleh saja memakai pakaian yang tidak terlalu formal asal rapi dan bersih. Sementara bila Anda melamar di perusahaan seperti BUMN, sudah pasti Anda harus berpakaian formal.

Sikap dan Tutur Kata yang Baik

Bersikap dan tutur kata yang baik juga menjadi salah satu cara mempromosikan diri ke perusahaan. Bebicaralah dengan bahasa yang komunikatif dan tidak bersikap sombong. Berbicaralah secara jujur,  tidak melebih-lebihkan dalam menyampaikan sesuatu, sampaikan dengan sopan dengan nada bicara yang wajar. Dari segi sikap juga usahakan tunjukkan sikap pengertian pada orang lain dan ramah. Kontrol pula emosi saat berbicara.

Dari sisi bahasa tubuh (gesture) juga menjadi cara mempromosikan diri ke perusahaan. Cobalah saat sedang berbicara memandang mata lawan bicara dengan sopan, tersenyum ramah pada orang lain, berjalan, berdiri, dan duduk dengan posisi punggung tegak.

Ceritakan Pengalaman Pekerjaan Anda

Cara memperomosikan diri ke perusahaan pastinya juga perlu menceritakan pengalaman pekerjaan yang Anda miliki. Yang perlu diperhatkan adalah sampaikan pengalaman kerja sesuai dengan yang ada pada CV.  Sampaikan apa saja pencapaian yang Anda peroleh selama bekerja di perusahaan lama, ceritakan permasalahan dan solusi yang pernah Anda lakukan di kantor.

Baca Juga: Coworking Space Murah Jakarta Selatan

Sampaikan Visi dengan Jelas

Akan ada banyak pertanyaan yang pasti diajukan oleh perekrut, salah satunya adalah apa yang akan Anda lakukan untuk 3-5 tahun ke depan. Cobalah pertimbangkan jawaban yang matang dan terukur. Coba jelaskan rencana Anda dan keterlibatan Anda dengan perusahaan tersebut nantinya.

Tetap Menjadi Diri Sendiri dan Percaya Diri

Saat interview kerja adalah hal wajar jika Anda merasa gugup dan takut sehingga membuat Anda tidak bisa bercerita dengan lancar. Maka dari itu, cara mempromosikan diri ke perusahaan adalah dengan menjadi diri sendiri, tampil percaya diri, namun tetap rendah hati. Anda perlu mengenali diri Anda sendiri apa kelebihan dan kekurangan serta tetap terbuka akan kesempatan untuk belajar hal baru. Hal ini akan menjadi nilai tambah di mata siapa pun yang mewawancarai Anda.

Anda adalah Solusi

Cara mempromosikan diri ke perusahaan yang terakhir adalah menjadi solusi bagi tempat yang akan dilamar tersebut. Perusahaan yang memerlukan karyawan baru pasti ingin orang yang direkrutnya bisa membantu mereka memperoleh tujuan perusahaan. Ada sebagian perusahaan yang secara terbuka menyampaikan permasalahan yang sedang dihadapi saat meng-interrview calon kandidat. Anda bisa memanfaatkan ini untuk menunjukkan kemampuan Anda, memahami permasalahan yang sedang dialami oleh perusahaan, dan bisa memberikan solusi dari masalah tersebut.

Lakukanlah cara mempromosikan diri ke perusahaan di atas dengan baik. Jangan merasa ragu untuk menunjukkan siapa diri Anda, kemampuan, dan karakter yang dimiliki pada perekrut, ya.

DREAM HUB