Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar Agar Dilirik HRD

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar Agar Dilirik HRD

Bagi sebagian perusahaan, masih ada yang memberlakukan cara konvensional untuk ketentuan calon kandidat karyawan tidak hanya menunjukkan Curriculum Vitae (CV), tapi juga membuat surat lamaran pekerjaan.

Untuk surat lamaran pekerjaan (cover letter) tidak perlu terlalu panjang, hanya terdiri dari tiga hingga empat paragraf saja dan maksimal dibuat dalam satu lembar. Sebagai panduan, berikut cara membuat surat lamaran pekerjaan yang benar agar bisa dilirik HRD dan dipanggil untuk mengikuti proses seleksi.

Hindari Menulis Ulang Informasi yang Sudah Tertera di CV

Meski Curriculum Vitae (CV) dan surat lamaran dikirim secara bersamaan, tapi Anda harus tetap membedakan isi dari keduanya. Pebedaannya, jika CV berisi berbagai informasi bukan hanya informasi pribadi (nama, alamat, dan kontak baik nomor telepon maupun e-mail) tapi juga berisi informasi soal latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan organisasi, kemampuan yang dimiliki, minat, dan prestasi (jika ada).

Sementara surat lamaran pekerjaan yang benar berisi rangkuman soal alasan Anda tertarik melamar pekerjaan tersebut, penjelasan singkat soal pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar, dan kalimat persuasif lainnya.

Paragraf Pembuka dan Penutup Dibuat Jelas

Membuat surat lamaran pekerjaan yang benar dan tidak boleh dilupakan adalah adanya paragraf pertama (pembuka) dan terakhir (penutup) yang sesuai dan tidak bertele-tele. Jadi, langsung saja tulis ke pokok bahasan. Untuk paragraf pembuka dibuat jelas dan persuasif.  Pada paragraf pembuka bisa diberitahu dari mana Anda memperoleh informasi lowongan dan referensi jika ada.

Pada bagian penutup jangan sampai lupa untuk menyebutkan berkas yang Anda lampirkan seperti CV, portofolio, surat referensi dari kantor lama, dan lain-lain. Jangan lupa cantumkan alasan Anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut, harapan agar dikontak oleh perusahaan, dan ucapan terima kasih.

BACA JUGA: Coworking Space Murah Jakarta Selatan

Cantumkan Informasi yang Akurat

Selain informasi mengenai diri Anda yang harus akurat, jangan sampai lupa untuk mencantumkan nama dan jabatan HRD atau penerima surat lamaran kerja serta alamat lengkap perusahaan yang ingin dilamar pada bagian paling atas surat lamaran kerja. Agar tidak salah, Anda bisa mengecek nama, jabatan, dan alamatnya di situs resmi perusahaan atau Linkedin.

Cantumkan Tentang Informasi Perusahaan yang Dilamar

Dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang benar akan menjadi nilai tambah jika di bagian awal atau isi dicantumkan beberapa kalimat tentang perusahaan yang Anda lamar. Untuk menghindari kesalahan, Anda harus melakukan riset terhadap perusahaan tersebut. Kunjungilah situs resmi perusahaan agar bisa mendapatkan data yang akurat.

Cantumkan Informasi Skill dan Pengalaman yang Paling Sesuai dengan Pekerjaan yang Dilamar

Usahakan surat lamaran kerja dibuat dengan jelas dan singkat. Pada bagian isi, cantumkan soal background pendidikan yang paling akhir Anda tempuh dan beri penjelasan sedikit tentang hal tersebut. Kemudian cantumkan informasi tentang pengalaman kerja yang paling sesuai serta penjelasan singkat terkait hal tersebut. Jadi tidak bertele-tele.

Sisipkan Rasa Antusias Terhadap Perusahaan dan Pekerjaan yang Anda Lamar

Sudah pasti perusahaan ingin merekrut orang yang memiliki rasa antuasias terhadap pekerjaan yang mereka tawarkan. Tunjukkan antuasias tersebut pada surat lamaran Anda secara wajar dan tidak berlebihan.

BACA JUGA: Cara Membuat CV yang Menarik di Word

Teliti dan Cek Kembali Tulisan Surat Lamaran Pekerjaan

Meski bersemangat dalam melamar pekerjaan tersebut, jangan terburu-buru dalam mengirimkannya. Cek lagi tata bahasanya dan hindari salah ketik atau typo. Selain itu, jika Anda harus mengirimkan bentuk fisik surat lamaran pekerjaan, pastikan beri tanda tangan Anda dan surat tersebut bersih dan rapi. Karena meski terlihat sepele hal-hal tersebut bisa mengurangi nilai Anda di mata HRD.

Semoga cara membuat surat lamaran pekerjaan yang benar di atas bisa menjadi panduan Anda dalam membuat surat lamaran yang bisa dilirik dan disukai oleh HRD serta mendapatkan kesempatan untuk dipanggil pada proses rekrutmen selanjutnya. Yang perlu diingat, selain mengikuti panduan di atas, jujurlah dalam memberikan informasi terkait diri Anda dan pakailah bahasa yang baik dan formal, ya.

DREAM HUB