Biar Enggak Biasa, Begini Cara Membuat CV yang Menarik di Word

Biar Enggak Biasa, Begini Cara Membuat CV yang Menarik di Word

Curriculum Vitae (CV) menjadi salah satu dokumen yang wajib diberikan jika ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat CV yang menarik. Bagi anak desain atau yang memiliki skill desain, biasanya akan memanfaatkan aplikasi desain grafis seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan Corel Draw.

Namun, jangan berkecil hati. Meski Anda tidak memiliki kemampuan desain, bukan berarti Anda hanya bisa membuat CV yang standar. Anda bisa memanfaatkan Microsoft Word untuk membuat CV yang menarik dan eye catching. Kira-kira apa saja ya isi dari CV yang ideal dan menarik perhatian HRD atau rekruter? Dan bagaimana cara membuat CV yang menarik di Word? Berikut ini informasinya.

Bagian CV Header atau Atas Isi dengan Data Pribadi

Informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat rumah, nomor telepon, dan e-mail sudah pasti harus ada dalam CV. Biasakan untuk menempatkannya pada bagian CV header atau atas CV. Alasannya, informasi tersebut yang akan dilihat pertama kali oleh HRD atau perekrut.

Cantumkan CV Objective atau CV Summary di Bawah Data Pribadi

Bagian CV objective atau CV summary biasanya berisi tentang informasi pendidikan atau karier. Anda bisa menceritakan dengan singkat namun jelas pengalaman kerja terakhir atau yang masih dilakukan saat ini yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Namun, jika Anda merupakan lulusan baru, bisa ceritakan tentang pendidikan terakhir Anda. Tuliskan dalam satu paragraf sebanyak tiga sampai 4 baris saja.

BACA JUGA: Coworking Space Murah Jakarta Selatan

Cantumkan Pengalaman Kerja

Jika Anda sudah memiliki pengalaman kerja, jangan lupa untuk cantumkan apa saja yang telah Anda lakukan sepanjang karier. Jika masih lulusan baru dan hanya memiliki pengalaman magang, tetap perlu juga dicantumkan, asalkan masih berkaitan dengan pendidikan yang ditempuh dan pekerjaan yang dilamar. Menuliskan pengalaman kerja bukan hanya mencantumkan jabatan, nama perusahaan terdahulu, dan berapa lama Anda bekerja.

Jelaskan secara singkat juga apa saja tanggung jawab atau job desk selama menjalani pekerjaan tersebut. Dalam menyajikan informasi pengalaman kerja, pekerjaan terakhir harus diletakkan di urutan pertama.

Cantumkan Informasi Pendidikan

Di bawah pengalaman kerja, ada baiknya tuliskan pendidikan yang sudah dijalani. Khususnya perguruan tinggi (jika ada) dan tempatkan posisinya paling pertama. Dalam menceritakan pendidikan yang dijalani, tuliskan informasi yang paling penting di urutan pertama.

Hal-hal yang harus dicantumkan dalam penulisan latar belakang pendidikan, yakni nama universitas atau sekolah, durasi waktu menempuh pendidikan, jurusan yang ditempuh, dan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) atau nilai Ujian Nasional (UN).

Cantumkan Kemampuan yang Dimiliki

Hindari memasukkan semua kemampuan yang Anda miliki. Baiknya masukkan yang paling sesuai atau bisa mendukung posisi yang Anda lamar. Selain itu, jangan masukkan kemampuan umum yang semua orang pasti bisa melakukannya, seperti mengoperasikan Microsoft Office.

Cantumkan Informasi Pendukung

Jika Anda ingin memasukkan informasi tambahan seperti minat, pengalaman berorganisasi, dan prestasi bisa dicantumkan demi mendukung atau membuka kesempatan yang lebar di mata HRD. Informasi tambahan ini juga bisa menjadi nilai tambah untuk Anda.

BACA JUGA: Sewa Ruang Kantor Murah

Cara Membuat CV yang Menarik di Word

Saat ini Microsoft Office telah dilengkapi dengan beragam fitur yang memudahkan Anda, bukan hanya membuat dokumen biasa, tapi juga CV. Terdapat banyak pilihan template yang bisa dipilih. Perlu dipahami, membuat CV dengan Word tergantung dari software Microsoft Word yang digunakan. Untuk word yang memiliki template CV biasanya yang sudah versi Microsoft Word 2010 ke atas. Cara membuat CV yang menarik di Word, yakni:

  1. Buka Microsoft Word lalu pilih menu File
  2. Pilih New lalu cari template Resumes and Cover Letters
  3. Pilih salah satu template CV yang disukai, klik create dan template yang Anda pilih akan ter-
  4. Setelah itu, Anda hanya tinggal mengganti isi informasi-informasi yang diminta dalam template

Cara membuat CV yang menarik di Word, harus disesuaikan posisi jarak antar sub judul, atur sesuai kebutuhan dan samakan jaraknya, ya. Sementara untuk penggunaan font disamakan jenisnya untuk semua tulisan dan ukuran font pada nama, sebaiknya pakai ukuran font yang lebih besar dari teks yang lain. Bagaimana, cukup mudah bukan? Buatlah CV dengan memberikan informasi yang jujur dan buat dengan benar. Selamat mencoba dan berkreasi!

DREAM HUB